Bandara Sentani Kembali Beroperasi

Jayapura: Setelah terhenti selama dua jam, akitivitas penerbangan di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, kembali beroperasi, Jumat (17/12). Sebelumnya, warga pemilik tanah hak ulayat memblokade runway 30.

Namun, aktivitas perkantoran di Kantor Perhubungan Bandara belum berjalan. Warga suku Felle itu menduduki halaman serta menutup pintu kantor dengan kayu dan sejumlah spanduk bertuliskan tuntutan pembayaran ganti rugi dari pemerintah.

Aksi tersebut dilakukan untuk menuntut ganti rugi tanah mereka yang dijadikan landasan Bandara Sentani. Menurut warga, sampai saat ini ganti rugi belum dibayarkan. Aparat Polres Jayapura, anggota TNI Angkatan Udara, dan Koramil, melakukan penjagaan dengan menutup pintu masuk di area terlarang bandara.

Hingga kini, warga terus berorasi di depan Kantor Perhubungan sambil menunggu kedatangan Gubernur Provinsi Papua Barnabas Suebu dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Jhon Ibo. Warga berharap, kedua pejabat itu menjelaskan pembayaran tanah mereka itu.

"Kalau sampai pada pukul 13.00 WIT tidak hadir, kami akan menutup seluruh perkantoran, aproun, dan tower bandara," tegas Yakomina, koordinator aksi.(ANT/SHA)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...