Demi Memerangi AIDS, Pelacuran Dilegalkan


DEMI memerangi HIV, virus AIDS, negara di Afrika Botswana akhirnya melegalkan prostitusi alias rumah bordir yang mempekerjakan penjaja seks. Meski dilarang agama, pada gilirannya PSK atau Pekerja Seks Komersil disetarakan dengan pekerja lainnya oleh pihak berwenang negeri yang kemungkinan kurang dikenal masyarakat dunia tersebut.

Kalangan politikus meminta Botswana untuk melegalkan prostitusi guna memberantas HIV yang ternyata jumlahnya semakin meningkat belakangan ini dan melanda banyak negara. Botlogile Tshirletso, seorang deputi menteri, menilai waktunya untuk merundingkan isu yang tak bisa dipandang sebelah mata tersebut.

Bostwana yang memang sangat rentan diserang HIV, telah mendapat reputasi sebagai proaktif dalam pemberantasan AIDS, penyakit seks mematikan yang belum ada obatnya. Meski riset telah dilakukan para ahli penyakit yang satu itu, tingkat infeksi malah kian memburuk bersamaan dengan banyaknya rute truk komersil yang sopir-sopirnya suka “jajan”. Selain itu pula belum adanya minat pihak berwenang Bostwana untuk melegalisasikan rumah-rumah bordil.

Media massa luar negeri yang meliput masalah tersebut, menggambarkan ketidaksukaan sebagian besar masyarakat di Botswana pada pekerja seks yang kerap dipermalukan polisi. Tshireletso, seorang asisten menteri setempat, merundingkan isu ini dengan rekan-rekannyadi kabinet.

Bayangkan, hampir 300.000 orang dewasa kena HIV, seperempat populasi di Botswana yang berusia di atas 15 dan 95.000 anak jadi yatim piatu akibat orangtua mereka meninggal akibat penyakit tersebut. PSK di Botswana kerap mengeluh kalau banyak polisi menyita kondom dengan menegaskan kepada mereka kalau pekerjaan seks tidak dianggap legal oleh pemerintah mereka. Bisa saja itu alasan para polisi untuk mendapatkan kondom gratis. (bbc/puri/B)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...