Dari Tukang Parkir Hingga Menjadi Pemain Profesional

Makassar: Sosok ini sekarang dicintai publik sepakbola Tanah Air. Dialah Zulkifli Syukur. Prestasi gemilang yang diraih pemuda asal Makassar, Sulawesi Selatan itu melalui proses panjang, yakni sejak usia tiga tahun.

Zulkifli adalah anak keempat dari lima bersaudara. Sejak kecil ia diasuh tantenya Hajjah Nursiah sejak umur tiga tahun. Sang bocah kehilangan ayahnya sejak masih amat muda.

Bersama Hajjah Nursiah, Zulkifli tinggal di sebuah lorong di Jalan Gunung Lompobattang, Makassar. Berada di rumah berukuran 5 x 9 meter ini, pemuda berusia 26 tahun itu memulai karier sebagai pemain sepakbola.

Diawali bermain bola di depan rumah, talenta Zulkifli makin terasah. Saat berusia belasan tahun ia diboyong seorang teman ayahnya ke Gianyar, Bali untuk bertanding dengan bergabung dalam tim National Panasonic.

Sejak saat itu Zulkifli menancapkan cita-cita menjadi pemain sepakbola nasional. Tapi keinginan itu tak mudah dicapai. Keluarga tak mendukung karena khawatir cedera.

Kurangnya dukungan tak menyurutkan niat kerasnya menjadi pemain besar seperti sekarang ini. Pemain belakang tim nasional Indonesia ini mengumpulkan uang dari hasil menjadi tukang parkir jalanan. Uang yang terkumpul digunakan Zulkifli untuk membeli sepatu bola.

Kini jerih payah itu berada dalam genggaman. Tanggung jawab membawa timnas Indonesia meraih juara di ajang Piala AFF Suzuki 2010 berada di pundaknya. Sukses Zulkifli! (AIS)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...