Maroko dan Polisaria Adakan Pembicaraan di AS Pekan Depan


PBB (ANTARA/Reuters) - Maroko dan gerakan kemerdekaan Sahara Barat akan mengadakan putaran pembicaraan lagi di dekat New York, Amerika Serikat, pekan depan untuk mengusahakan kemajuan dalam sengketa wilayah paling lama di Afrika itu.

Para pejabat Maroko dan Front Polisario akan mengadakan pembicaraan tidak resmi yang ditengahi PBB di Manhasset di Long Island pada 16-18 Desember mendatang, kata jurubicara PBB Martin Nesirky, Jumat.

Sahara Barat adalah bekas jajahan Spanyol di Afrika baratlaut yang dicaplok oleh Maroko pada 1975, sehingga memicu pemberontakan oleh Polisario. PBB telah memerantarai gencatan senjata pada 1991, tapi penyelesaian politik belum bisa dicapai oleh para juru runding.

Tujuh putaran pembicaraan resmi dan tidak resmi sejak 2007 belum menghasilkan gerakan ke inti masalah itu. Rabat telah menawari pemerintahan sendiri pada Sahara Barat dalam negara Maroko, tapi Front Polisario meminta referendum dengan kemerdekaan penuh sebagai satu opsi.

Putaran pembicaraan terakhir di Manhasset bulan lalu menghasikan perjanjian untuk meneruskan langkah-langkah membangun-kepercayaan terbatas, seperti kunjungan antara keluarga-keluarga yang terpisahkan oleh konflik, dan untuk meningkatkan langkah pembicaraan.

Penengah PBB Christopher Ross juga mengatakan pada waktu itu bahwa kedua belah pihak telah setuju untuk mengikuti "pendekatan inovatif" terhadap perselisihan itu, tapi tidak ada keterangan terperinci yang sejauh ini telah muncul.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...