Asap Krakatau Setinggi 600 Meter


CINANGKA, KOMPAS.com — Asap Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda ketinggiannya mencapai 600 meter dan mengarah ke utara atau ke Lampung.

"Walaupun ketinggiannya tidak lebih dari 700, hanya 600 meter, tetapi asap itu juga mengeluarkan material yang suhunya di atas 600 derajat celsius, jadi kalau didekati berbahaya," kata Kepala Pos Pemantau GAK di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Anton S Pambudi, Senin (6/12/2010).

Asap GAK yang saat ini berwarna kelabu dan hitam masih membawa sejumlah material, seperti debu. "Kami masih menetapkan status GAK 'Waspada' atau level II," ujarnya.

Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih melarang masyarakat atau turis mendekat pada radius 2 kilometer.

"Kami masih melarang siapa pun untuk mendekat pada radius 2 kilometer karena jika masuk di wilayah itu, maka keselamatannya tidak terjamin akibat terkena semburan material yang keluar dari perut GAK," katanya.

Selain debu yang bersuhu di atas 600 derajat celsius, juga batu serta kerikil bersuhu mencapai 1.000 derajat celsius.

"Kalau untuk ukuran batu yang keluar dari perut GAK bisa sebesar bola kaki, sementara untuk kerikil seperti kacang dan jika terkena tubuh, maka tubuh akan tembus dan bolong," katanya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...